Senin, 10 Januari 2011

Fungsi dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran

Tugas seorang guru selain melaksanakan kegiatan belajar mengajar juga salah satunya adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Dengan evaluasi pembelajaran ini kita dapat mengetahui sejauh mana hasil yang diperoleh dari kegiatan belajar mengajar. Evaluasi pembelajaran memilki berbagai tujuan diantaranya adalah untuk :
1. Menentukan angka kemajuan atau hasil belajar pada siswa. Berfungsi sebagai :
    a. Laporan kepada orang tua / wali siswa (satu semester sekali)
    b. Penentuan kenaikan kelas
    c. Penentuan kelulusan siswa.
2. Penempatan siswa ke dalam situasi belajar mengajar yang tepat dan serasi dengan    tingkat kemampuan,   minat dan berbagai karakteristik yang dimiliki.
3. Mengenal latar belakang siswa (psikologis, fisik dan lingkungan) yang berguna baik bagi penempatan maupun penentuan sebab-sebab kesulitan belajar para siswa, yakni berfungsi sebagai masukan bagi tugas Bimbingan dan Penyuluhan (BP).
4. Sebagai umpan balik bagi guru, yang pada gilirannya dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program remdial bagi siswa.

Evaluasi Pembelajaran mempunyai fungsi : 

1. Kurikuler (alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran)  
2. Instruksional (alat ukur ketercapaian tujuan proses belajar mengajar)
3. Diagnostik (mengetahui kelemahan siswa, penyembuhan atau penyelesaian berbagai kesulitan belajar siswa)
4. Placement (penempatan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya, serta kemampuannya) 
5. Dan administratif BP (pendataan berbagai permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhanya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar