Senin, 10 Januari 2011

RPP IPS SMP KLS VII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP  )



Nama Sekolah
:
SMP Negeri  27 Kab. Bekasi
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas/Semester
:
VII/I
Standar Kopetensi
:
1.    Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kopetensi Dasar
:
1.2. Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia
Indikator
:
·          Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa pra-aksara
·          Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
·          Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
·          Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
·          Melacak  kedatangan dan  persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
Alokasi Waktu
:
8 jam pelajaran ( 4 x pertemuan )

A.     Tujuan Pembelajaran :
      Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
1.   Menerangkan pembagian zaman batu pada masa prasejarah.
2.   Menyebutkan pembagian zaman logam beserta teknologi yang dihasilkan.
3.   Menggambarkan pembagian zaman batu  dan zaman logam beserta hasil-hasil kebudayaannya.
4.  Menunjukkan pada peta daerah ditemukannya manusia purba
5.   Mengidentifikasi temuan arkeologis hasil peradaban pada zaman batu dan logam.
6.   Menjelaskan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia serta hasil-hasil kebudayaannya.

B.   Materi Pembelajaran
      Para ahli purbakala dalam pembabakan zaman prasejarah  Indonesia terdiri dari :
      1.   Zaman Batu
            a.   Zaman Batu Tua (Paleolitikum).
            b.   Zaman Batu Madya (Mesolitikum).
            c.   Zaman Batu Muda (Neolitikum).
          d. Zaman Batu Besar (Megalitikurn).
      2.   Zaman Logam
            a.   Zaman Tembaga.
            b.   Zaman Perunggu.
            c.   Zaman Besi.
3.   Manusia Purba di Indonesia dan diluar negeri
4.   Kehidupan manusia Purba
5.   Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

C. Metode Pembelajaran
1.   Ceramah berfariasi
2.   Diskusi
3.   Tanya jawab
4.   Pengamatan


D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke-1
No.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.




2.




3.




Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan:
a. Mengecek kehadiran siswa;
b. Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang sesuai dengan materi pelajaran
c. Memberikan motivasi dengan memasang gambar-gambar yang relevan
Kegiatan Inti
a. Guru menugasi siswa untuk mengkaji buku paket sejarah.
b. Siswa dapat menerangkan pembagian zaman batu pada masa prasejarah.
c. Siswa dapat menyebutkan pembagian zaman logam beserta teknologi yang dihasilkan.
d. Guru menjelaskan kehidupan manusia Purba dengan lingkungan sosialnya
Kegiatan Penutup
a.       Memberikan tes lisan
b.      Memberikan tugas pekerjaan rumah
c.       Menyampaikan informasi pada pertemuan yang akan datang


Pertemuan ke-2
No.
, Kegiatan Belajar Mengajar
1.




2.





3.

Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan:
a.   Mengecek kehadiran siswa;
b.   Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang sesuai dengan materi  pelajaran
c.   Memberikan motivasi dengan memberi contoh peristiwa aktual
Kegiatan Inti
a.   Guru memfasilitasi siswa untuk membuat bagan yang menggambarkan pembagianzaman batu dan dan zaman logam beserta hasil-hasil kebudayaannya.
b.    Siswa dapat menjelaskan bagan yang telah dibuat kepada guru.
c.    Guru menugasi siswal membuat peta Indonesia.
d.    Siswa menunjukkan pada peta daerah ditemukannya manusia purba.
Kegiatan Penutup
a.   Guru meyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan
b.   Memberi tugas pada siswa



Pertemuan ke-3
No.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.




2.




3.
Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan:
a.   Mengecek kehadiran siswa;
b.   Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang sesuai dengan materi pelajaran
c.   Memberikan motivasi pada siswa dengan contoh aktual
Kegiatan Inti
a.    Guru menugasi siswa secara berkelompok membuat 10 pertanyaan berikut jawabannya.
b.  Siswa berkelompok menjawab pertanyaan dari kelompok lain melalui kuis cerdas cermat mengenai  kehidupan masyarakat prasejarah.
c.    Siswa berkelompok menjawab pertanyaan dari kelompok lain melalui kuis.
Kegiatan Penutup
a. Guru menyimpulkan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kuis cerdas cermat
b. Memberikan tes lisan
c. Menyampaikan informasi pertemuan yang akan datang
Pertemuan ke- 4
No.
Kegiatan Belajar Mengajar
l.




2.





3.


Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan:
a.   Mengecek kehadiran siswa;
b.  Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang sesuai dengan materi pelajaran
c.  Memberikan motivasi agar siswa giat belajar
Kegiatan Inti
a. Guru menugasi siswa mengkaji buku Paket.
b. Siswa mengidentifikasi dan membandingkan temuan arkeologis hasil peradaban pada zaman batu dan logam.
c. Siswa dapat menjelaskan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia serta Hasil-hasil kebudayaannya.
Kegiatan Penutup
a.  Guru menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan
b.  Memberikan tes lisan
c.  Memberikan informasi pertemuan yang akan datang

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Peta, Atlas, Globe
2. Buku-buku IPS yang relevan

F. Penilaian :
1. Tehnik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Ketrampilan Proses
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Uraian
b. Tes Identifikasi
3. Soal/ Instrumen

a.  Pilihan Ganda

1.                  Nenek moyang Indonesia termasuk keturunan melayu …
a. Melanesia
c. Austronesia
b.  Polinesia
d.  Campuran

2.                  Menhir atau tugu batu berfungsi sebagai ….
a. sebagian ruh nenek moyang
c. alat pengusir roh jahat
b. menyimpan mayat
d. hiasan pertanmanan

3.                  Jenis manusia jawa tertua sebagai pendukung zaman batu tua ialah…
a. Homo Soloeinsis
c. Pithecanthropus Robustus
b. Meganthropus Palaeojavanicus
d. Pithecanthropus Erectus

4.                  Manusia prasejarah mulai bertempat tinggal menetap sejak zaman …
a. Paleolitikum
c. Neolitikum
b. Mesolitikum
d. Megelitikum

5.                  Masa perundagian ditandai denganmunculnya peralatan yang terbuat dari …
a. batu halus
c. emas
b. perunggu
d. kayu candana

6.      Ciri pendukung peradaban batu muda ( Neolitikum ) yaitu, kecuali …
a. peralatan memakaibatu persegi
b. peralatan batu yang dihaluskan/diasah/digosok
c. peralatan keramik
d. peralatan perunggu

7.      Zaman prasejarah adalah …
a. zaman dimana manusia mengenalcara bertani
b. zaman dimana manusia belum mengenal tulisan
c. zaman dimana manusia sudahmengenal tulisan
d. zaman dimana manusia sudah mengenal budaya batu tulis

8.      Manusia pendukung kebudayaan Neolitikum adalah …
a. proto melayu
c. Austronesia
b. melanisia
d. polinesia

9.      Alat yang berfungsi sebagai dandang dan air upacara …
a. copper
c. nekara
b. sarkofagus
d. dolmen

10.  Di bawah ini merupakan faktor penunjang keberhasilan bangsa Austronesiayang berasal dari daratan Asia menuju kepulauan Indonesia adalah, kecuali …
a. kemampuanmenjelajah rimba raya
b. memiliki pengetahuan menggunakan kompas
c. pengetahuan pembuatan perahu bercadik
d. pengetahuan mengenai arahangindan astronomi


b. Uraian

No.
Zaman
Hasil-hasil
kebudayaan
Cara hidup dan
kemampuan membuat
peralatan
Jenis manusia
pendukung/bangsa
1.
Paleolitikum











2.
Mesolitikum











3.
Neolitikum












4.
Megalitikum













5.   Jelaskan pembagian zaman batu pada masa prasejarah.
6.   Sebutkan pembagian zaman logam beserta teknologi yang dihasilkan.
7.   Jelaskan pembagian zaman batu  dan zaman logam beserta hasil-hasil kebudayaannya.
8.   Tunjukkan pada peta daerah ditemukannya manusia purba
9.   Bandingkan temuan arkeologis hasil peradaban pada zaman batu dan logam.
10. Jelaskan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia serta hasil-hasil kebudayaannya.


Mengetahui,                                                                      Bekasi,   Juli 2009    
Kepala SMP Negeri 27 Kab. Bekasi                                  Guru Mata Pelajaran,




K a r n a t a , S.Pd. M.Pd.                                                  Bakoh Basuki, S.Pd.
NIP. 19590216 198303 1 008                                          19680811 199802 1 001






















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar